Senin, 21 November 2011

tentang wilayahku_ bangkalan

        Bangkalan adalah nama dari salah satu kabupaten di indonesia, dan terletak di pulau madura, jawa timur. bangkalan juga berbatasan langsung dengan kabupaten sampang ditimur dan laut jawa di utara serta selat madura di selatan dan barat. bangakalan terletak di pulau madura bagian barat dan bangkalan mempunyai penduduk sekitar satu juta jiwa. dan pusat kota yaitu pusat pemerintahan dan pusat ekonomi terjadi di kecamatan bangkalan.
        Bangkalan terdiri atas 18 kecamatan yaitu bangkalan, burneh, tanahmerah, galis, belega, modung, kwanyar, tragah, labang, kamal, socah, arosbaya, klampis, sepolo, tanjungbumi, kokop, konang dan geger. dari beberapa kecamatan diatas yang dianggap tertinggal adalah kecamatan kokop, konang, geger, tragah dan labang. karena letak wilayahnya yang berada di dalam dan akses menuju kecamatan tesebut cukup sulit. dan dari beberapa kecamatan tersebut yang dianggap sudah layak adalah bangkalan, tanjungbumi, blega, kamal dan arosbaya.
        Dan di bangkalan juga terdapat jembatan suramadu. jembatan suramadu adalah jembatan terbesar dan terpanjang di indonesia dan menjadi jembatan no2 di asean yan g terletak di kenjeran, surabaya dan desa sukolilo, kecamatan labang kabupaten bangkalan  dimana jembatan suramadu menghubungkan kota surabaya dan pulau madura dan jembatan suramadu bisa diharapkan mempercepat pembangunan di bangkalan. tetapi sampai saat sekarang jembatan suramadu hanya dipergunakan sebagai sara na mempercepat akses jalan dari kota surabaya yang menuju ke madura.
        dan di kota bangkalan sering kali memperoleh adipura, karena di kota bangkalan adalah kota yang sangat bersih dan tertata kerapiannya. pada waktu musim hujn sering terjadi banjir di bangkalan  dan mengakibatkan liburnya sejumlah sekolah. wiayah lain yang sering banjir adalah kecamatan blega. dan suhu di kota bangkalan sangat tinggi berkisar 34'c yang mengakibatkan bangkalan jika waktu siang hari atau sepulangnya sekolah suhunya sangat panas.
          Di kabupaten bangkalan banyak sekali terdapat tempat tempat wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi seperti pesarean syai chona cholil di kota bangkalan, kuburan aermata di arosbaya, pantai rongkang di kwanyar, pantai siring kemuning di tanjungbumi, bukit jaddhih dan bukit geger dan banyak lagi seperti pesta karapan sapi dan sebagainya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar